KONTEKS.CO.ID – Sikap jujur petugas KAI Daop 4 Semarang bernama Achmad Hidayatul Ikhsan patut dapat pujian.
Pasalnya, petugas KAI Daop 4 Semarang mengembalikan barang milik penumpang kereta yang tertinggal.
Nilai barang milik penumpang yang petugas KAI Daop 4 Semarang tak tanggung-tanggung, mencapai Rp500 juta lebih.
Peristiwa tersebut terjadi di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, pada Minggu 7 April 2024 lalu.
Saat itu, Achmad Hidayatul Ikhsan menemukan tas berwana cokelat tertinggal di area tunggu stasiun sebelah timur.
“Saat itu memang kondisi stasiun penuh sesak padat calon penumpang. Sebab bertepatan masa angkutan Lebaran tahun 2024,” kata Manager Humas Daop 4 Semarang Franoto Wibowo pada keterangan tertulisnya, Senin 8 April 2024.
Saat itu, seorang penumpang KA Sembrani Semarang Tawang Bank Jateng tujuan Gambir Jakarta melapor ke petugas pengamanan KA Sembrani bahwa tas miliknya tertinggal di area tunggu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.
Mendapat laporan, petugas langsung menyampaikan informasi itu ke Kantor Pengamanan Stasiun Tawang Bank Jateng untuk penyisiran lokasi.
Ikhsan, nama panggilan petugas keamanan tersebut ternyata sudah mengamankan tas penumpang tertinggal itu dan mengembalikannya.
Barang tersebut merupakan sebiah tas ibermerek Louis Vuitton, 5 emas batangan 100 gram, 17 lembar mata uang asing.
Lalu charger, 2 kunci, 2 buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 voucher, 2 STNK, kartu identitas. Totalnya sekitar Rp510juta.
“Tas berikut isinya langsung dikirim ke Pos Pengamanan Stasiun Gambir menggunakan KA Argo Bromo Anggrek dengan pengawalan oleh petugas pengamanan kereta dan akan langsung dikembalikan oleh pemilik barang sesampainya di Stasiun Gambir,” jelas Franoto.
Akhirnya, barang penumpang tersebut sampai di Pos Pengamanan Stasiun Gambir. Petugas pun langsung menyerahkannya kepada pemilik sekitar pukul 17.30 WIB.
Pemilik barang menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam karena KAI telah menemukan barang berharganya.
Tanggung Jawab Penumpang
Menurut Franoto, seharusnya barang bawaan menjadi tanggung jawab penumpang.
Namun, KAI menyediakan berbagai fasilitas keamanan yang memadai. Meski demikian, tidak seharusnya menjadikan penumpang lengah.
“Meskipun tingkat keamanan KAI Daop 4 Semarang sudah baik. Penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya,” tuturnya.
Sebagai informasi, selama tahun 2024 sampai dengan 7 April, Daop 4 Semarang telah mengembalikan 71 barang kepada pemiliknya.
Jenis barang tersebut bervariasi, di antaranya laptop, ponsel, tablet, smartwatch, dompet.
“Pada masa peak season khususnya di momen angkutan Lebaran ini memang volume penumpang meningkat drastis. Sehingga kami imbau sekali lagi agar pelanggan tidak lengah,” kata Franoto.
“Kami juga mengingatkan agar para pelanggan membawa barang secukupnya dan usahakan dalam satu tempat, misalnya koper atau ransel,” pungkasnya.***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"