KONTEKS.CO.ID – Jaringan Indosat gangguan di momen tahun baru, Senin 1 Januari 2024, mendapat sorotan para pelanggannya di media sosial X -sebelumnya bernama X.
Berdasarkan keterangan laman Down Detector, Senin 1 Januari 2024, para pelanggan ramai-ramai mengeluh jaringan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengalami gangguan.
Kemudian puncak keluhan atau laporan terjadi pada pukul 10.12 WIB. Yakni, sebanyak 5.447 pelanggan IOH yang melaporkan gangguan alias Indosat down.
Sedangkan lokasi yang banyak melaporkan adanya gangguan ialah Sleman, Semarang, Kudus, Surakarta, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya sampai Malang.
Umumnya atau 91% pelanggan melaporkan masalah ketiadaan sinyal. Kemudian laporan mobile internet (8%) dan telepon genggam (1%).
Penjelasan Steve Saerang Jaringan Indosat Gangguan
Menjawab keluhan pelanggan, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang memastikan kalau jaringan Indosat maupun Tri yang sempat mengalami gangguan pagi tadi sudah kembali normal.
“Kami informasikan per pukul 11.50 WIB siang ini layanan seluler Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat/IOH) di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sudah kembali normal,” ungkap Steve Saerang dalam keterangan tertulisnya, Senin 1 Januari 2024.
Ia juga menjelaskan alasan jaringan IOH mengalami gangguan pada Senin pukul 09.45 WIB karena ada kebakaran di gedung perangkat Indosat yang berlokasi di Semarang.
Steve juga menegaskan kejadian itu sudah Indosat tindaklanjuti melalui personel IOH yang bertugas.
“Kendala jaringan karena kejadian kebakaran di gedung perangkat Semarang langsung ditindaklanjuti dengan tindakan pencegahan. Serta penanganan untuk memastikan keamanan perangkat dan personel yang bertugas,” katanya lagi.
Indosat Minta Maaf
Tak lupa pula Steve meminta maaf kepada pelanggan Indosat maupun Tri di wilayah Jawa Tengah dan DIY yang sempat terkendala jaringan Senin pagi.
“Kami memohon maaf atas dampak kendala jaringan yang terjadi di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta hari ini. Kami terus melakukan koordinasi secara intensif untuk mengidentifikasi penyebab insiden dan langkah pencegahan ke depannya,” katanya.
Jika masih ada keluhan soal jaringan Indosat ataupun Tri, pelanggan Steve sarankan untuk menghubungi pusat pelayanan IOH.
“Kami mengimbau kepada pelanggan yang masih mengalami kendala untuk mencoba kembali secara berkala. Segera hubungi pusat pelayanan pelanggan IM3 dan Tri kalau kendala masih terjadi,” tambahnya. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"