KONTEKS.CO.ID – Lonjakan trafik data Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) saat momen tahun baru mencapai puncaknya dengan kenaikan 8,9% ketimbang rata-rata periode hari normal.
Momen lonjakan trafik data Indosat tersebut sanggup terlayani dengan baik oleh IOH.
Indosat Ooredoo Hutchison bisa menjaga performa jaringannya di momen spesial perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Layanan mendapat dukungan 172.000-an BTS 4G di seluruh Tanah Air.
“Kepercayaan dari 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison merupakan bagian terpenting bagi kami. Sejalan dengan upaya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini,” ucap Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Rabu 3 Januari 2024
Ia menambahkan, ini tak lepas dari dedikasi penuh seluruh tim Indosat dan mitra di lapangan. Mereka memastikan tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal, sehingga pelanggan dapat melewatkan momen spesial bersama orang tercinta.
Indosat mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 8,4% pada 24 Desember 2023 dan 8,9% pada 31 Desember 2023 ketimbang rata-rata periode hari normal.
Peningkatan trafik data yang signifikan di masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa. Di antaranya, Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto. Kemudian Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal.
Sementara, di luar Pulau Jawa, kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda, merupakan kota dengan lonjakan trafik data yang paling tinggi.
Lonjakan Trafik Data Indosat saat Malam Tahun Baru
Pada malam pergantian tahun, platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok berkontribusi besar dalam melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat.
Peningkatan permainan game online seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG turut memicu kenaikan trafik data.
Hal serupa juga ditemui pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan daripada rata-rata periode hari normal. Hal tesebut terpicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand.
Dalam memenuhi lonjakan trafik data, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.
Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang terprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan. Seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.
Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus terpantau Command Center 24/7. Layanan itu berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC). ***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"