KONTEKS.CO.ID – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mendapatkan peningkatan trafik data 17% sepanjang periode Hari Raya Idul Fitri 1445 H.
Dan di saat yang sama perusahaan juga membuktikan kualitas jaringannya yang berhasil melayani pelanggan dan masyarakat selama masa kenaikan trafik telekomunikasi. Terutama sepanjang Ramadan, Lebaran dan masa libur setelah Lebaran.
Lonjakan trafik yang terprediksi ini terkontribusikan oleh peningkatan penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, hingga aplikasi mobile gaming.
“Pelayanan yang kami berikan sepanjang periode Hari Raya Idulfitri dan juga musim mudik menjadi bukti komitmen kami. Komitmen untuk terus dapat melayani pelanggan di manapun dan dalam situasi apapun, termasuk saat periode Ramadan dan Lebaran,” kata Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Senin 22 April 2024.
“Komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed atau jaminan pelayanan jaringan yang tak tertandingi, menjadi landasan untuk terus meningkatkan kualitas jaringan. Bukan hanya di kota-kota besar, tetapi juga diperluas hingga ke wilayah pedesaan di seluruh Indonesia,” katanya.
Indosat Ooredoo Hutchison Garansi Jaringan
Desmond menegaskan, melalui kualitas jaringan ini, pelanggan dapat menikmati layanan digital kelas dunia. Mulai dari mengakses media sosial, berbagi pesan, hingga bermain game online tanpa kendala berarti.
Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penggunaan beberapa aplikasi oleh pelanggan. Seperti TikTok, Instagram, dan YouTube yang menjadi penyumbang terbesar dalam lonjakan trafik data, dengan rata-rata peningkatan sebesar 24%.
Sementara itu, game mobile seperti Mobile Legends, Free Fire, dan Call of Duty mencatat lonjakan trafik data tertinggi, dengan rata-rata peningkatan sebesar 95%.
Dia menambahkan, kualitas layanan ini terdukung pemanfaatan infrastruktur jaringan berteknologi tinggi berbasis artificial intelligence/machine learning. Juga efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal.
Indosat juga mengantisipasi meningkatkan kebutuhan telekomunikasi pelanggan dengan menambah 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS). Penambahan ini juga mendapat dukungan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51.000 km.
‘Lebih dari 224.000 km akses metro fiber optiK untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas,” tambahnya.
Tidak hanya itu, Indosat juga menyiagakan lebih dari 2.000 personel yang bekerja 24 jam 7 hari baik di lapangan maupun di Pusat Operasi Jaringan Indosat (INOC) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Hasilnya, jumlah tiket aduan pelanggan mengalami penurunan sebesar 26% untuk IM3 dan 42% untuk Tri daripada periode Lebaran tahun sebelumnya. ***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"