KONTEKS.CO.ID – Ditjen Imigrasi membenarkan adanya gangguan server di institusinya. Hal itu tersampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Silmy Karim, layanan keimigrasian tengah mengalami masalah.
Masalah ini sebagai imbas dari gangguan pada pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo. Layanan yang terganggu bukan hanya pemeriksaan data di pintu keluar-masuk bandara internasional. Namun juga pada unit layanan teknis.
“Layanan keimigrasian pada unit pelaksana teknis (kantor imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian) serta tempat pemeriksaan imigrasi pada bandar udara dan pelabuhan untuk sementara mengalami kendala,” ungkap Silmy Karim, dalam siaran pers di akun resmi X (Twitter) Ditjen Imigrasi @ditjen_imigrasi, terlihat Kamis 20 Juni 2024 malam.
Ditjen Imigrasi bersama pihak terkait terus berupaya melakukan pemulihan. Misalnya, dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam.
“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam. Kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” tulis Silmy.
Ia menjamin masyarakat yang berada di bandar udara internasional dan akan melakukan penerbangan tetap akan terlayani oleh petugas Imigrasi.
“Meskipun sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat. Begitu pun pada saat kedatangan,” janjinya.
Untuk solusi sementara, Silmy menyarankan penumpang pesawat ke luar negeri agar datang lebih awal ke bandara. Hal ini untuk mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.
Pelayanan Ditjen Imigrasi untuk Paspor Tetap Normal
Sementara itu, masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor imigrasi untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap bisa terlayani seperti biasa.
Tapi permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat Imigrasi layani. Ia yakin layanan akan segera beroperasi kembali setelah sistem normal.
“Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal. Sehingga layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya,” pungkasnya.
Sebelumnya terinformasikan, terdapat antream mengular penumpang yang antrea pemeriksaan dokumen di pintu kedatangan dan keberangkatan. Berdasarkan unggahan sosial media, antrean panjang terjadi di bagian Keimigrasian bandara Soetta. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"