KONTEKS.CO.ID – Microsoft – CrowdStrike down ikut berdampak pada sejumlah maskapai yang beroperasi di Indonesia. Akibatnya tiket penumpang terlakukan manual atau ditulis tangan.
Setidaknya Microsoft – CrowdStrike down berdampak pada setidaknya layanan 3 (tiga) maskapai. Masing-masing adalah Citilink, Scoot, dan Indigo.
PT Angkasa Pura (AP) II pun langsung menggelar operasi penyesuaian akibat gangguan pada sistem komputer global yang berbasis aplikasi Microsoft.
Cin Asmoro, Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II, mengungkapka, pihaknya bersama maskapai terdampak sudah melakukan penyesuaian pada proses keberangkatan penumpang.
“Selama gangguan pada sistem IT sejumlah maskapai penerbangan, ,maka proses check-in penumpang dan bagasi maskapai lakukan secara manual,” ucap Asmoro, mengutip Jumat 19 Juli 2024.
Microsoft – CrowdStrike Down, Maskapai Minta Calon Penumpang Pesawat Datang Lebih Awal
Sebagai BUMN yang bertanggung jawab terhadap layanan 20 bandara di seluruh Tanah Air, pihaknya menambah petugas aviation security (Avsec). Pun menyiapkan personel customer service demi membantu penumpang, dan menambah jumlah konter check-in maskapai.
Untuk memperlancar keberangkatan penumpang, ia meminta calon penumpang pesawat supaya bisa datang lebih awal ke bandara.
Terganggunya layanan check-in diakui oleh Citilink. Melalui akun X resminya, @Citilink, mereka mengimbau calon penumpang untuk datang ke bandara lebih cepat dari biasanya.
“Hi Citilinkers. Sementara layanan pada sistem operasional reservasi, check-in, dan boarding mengalami gangguan, kami mengimbau Citilinkers untuk tiba di bandara lebih awal,” cuit @Citilink, terlihat Sabtu 20 Juli 2024.
Meski terdampak, Microsoft – CrowdStrike down, anak usaha Garuda Indonesia itu tetap berusaha memberikan pelayanan terbaiknya.
Anak usaha Singapore Airlines, Flyscoot juga mengalami kendala yang sama dengan Citilink.
“[IMBAUAN] Karena gangguan sistem TI global, saat ini kami mengalami gangguan pada sistem reservasi penerbangan dan proses check-in, serta penundaan pada beberapa penerbangan. Kami bekerja sama dengan vendor kami untuk memulihkan layanan dan dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang tertimbulkan,” tulis @flyscoot.
Begitu juga maskapai Indigo yang berbasis di India. “Hai, kami menghadapi masalah jaringan luas dengan Microsoft Azure, yang menyebabkan penundaan di bandara. Check-in mungkin lebih lambat dan antrian lebih panjang,” kata @IndiGo6E.
“Tim Digital kami bekerja sama dengan Microsoft untuk menyelesaikan masalah ini dengan cepat. Untuk bantuan, silakan hubungi tim lapangan kami. Terima kasih atas kesabaran Anda,” sambungnya. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"