KONTEKS.CO.ID – Presiden Xi Jinping dikudeta militer di bawah pimpinan Panglima Tentara China Jenderal Li Qiaoming. Sejatinya, industri teknologi Tiongkok di bawah rezim Jinping tumbuh signifikan.
Naiknya Xi Jinping ke tampuk kekuasaan terjadi pada saat pertumbuhan ekonomi China melambat dan meningkatnya kekhawatiran tentang ketergantungan negara itu pada teknologi asing. Menyusul beberapa tahun pertumbuhan yang didorong oleh stimulus setelah krisis keuangan global 2007–2008, ekonomi China mulai melambat dengan cepat.
Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) melambat dari 10,6% pada 2011 menjadi 6,9% pada 2015. Para ekonom China mulai berbicara tentang “Normal Baru” yang akan membuat China bertransisi ke periode pertumbuhan yang lebih lambat secara permanen.
Kekhawatiran terkait adalah China akan jatuh ke dalam “perangkap pendapatan menengah”, sebuah istilah yang mengacu pada negara-negara berkembang pesat yang pertumbuhannya melambat ketika mereka mulai mencapai tingkat pendapatan menengah dan gagal beralih ke status pendapatan tinggi.
Pembuat kebijakan sangat fokus pada peran yang dimainkan oleh China dalam rantai nilai manufaktur global. China adalah bengkel manufaktur dunia, tetapi hanya menangkap sangat sedikit dari total nilai produk teknologi tinggi yang dihasilkannya karena ketergantungannya pada teknologi asing.
Contoh klasik adalah Apple iPhone, yang dirakit di China tetapi bergantung pada pemasok luar negeri untuk sebagian besar komponennya dan dirancang oleh insinyur Apple di California. Akibatnya, pemasok mereka hanya memperoleh 0,3% dari total laba kotor pemasok, dibandingkan dengan Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan yang masing-masing menangkap 9,1%, 11,8%, dan 29,2%.
Ditambah China tercatat sebagau pemasok tenaga kerja murah, maka mereka hanya sedikit mencicipi manisnya keuntungan iPhone. Karena ketergantungan China pada teknologi asing telah tumbuh, demikian pula biayanya.
Antara tahun 2005 dan 2017, pembayaran tahunan China untuk penggunaan kekayaan intelektual asing meningkat dari USD4 miliar menjadi USD29 miliar. Ketergantungan pada teknologi asing lebih dari sekadar masalah keuntungan, ini ini dapat dikaitkan dengan masalah kritis keamanan nasional dan ketergantungan ekonomi.
Meningkatnya ruang lingkup konflik ekonomi antara AS dan China telah meningkatkan kemungkinan bahwa akses ke teknologi penting dapat terganggu atau dihentikan sama sekali. Pada April 2018, ZTE Corporation, produsen peralatan telekomunikasi besar China dilarang oleh Departemen Perdagangan AS untuk membeli barang apa pun dari perusahaan Amerika.
Putusan itu, akibat kegagalan perusahaan untuk menghormati perjanjian yang melibatkan sanksi Iran, secara efektif merupakan hukuman mati perusahaan. Sebab banyak komponen utamanya berasal dari pemasok AS.
Sementara pembatasan kemudian dicabut setelah tawaran tingkat tinggi oleh pemerintah China, insiden itu menjadi pengingat yang tajam akan ketergantungan banyak perusahaan China pada teknologi asing. Perusahaan China juga menghadapi hambatan ketika mereka mencoba untuk mengakuisisi perusahaan luar negeri dengan teknologi canggih.
Kongres AS baru-baru ini memperkuat wewenang Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS) untuk memblokir investasi China, dan beberapa akuisisi Eropa oleh perusahaan China telah menghadapi tentangan dari para pemimpin politik lokal Eropa.
Sangat menyadari masalah ini, Presiden Xi Jinping telah menjadi pendukung vokal untuk memajukan kemampuan teknologi negara tersebut. Segera setelah mengambil alih kekuasaan pada 2012, dia mulai menekankan pentingnya menguasai “teknologi inti” agar China tidak terlalu bergantung pada teknologi asing.
Xi mengidentifikasi kontrol asing atas industri utama seperti semikonduktor sebagai bahaya ekonomi dan politik bagi China. Pada 2013, Dewan Negara merilis dokumen yang mengidentifikasi langkah-langkah untuk memperkuat peran perusahaan dalam mempromosikan inovasi melalui peningkatan investasi, mendirikan pusat penelitian dan pengembangan (R&D), mendukung komersialisasi penelitian, dan mempromosikan kemitraan antara lembaga penelitian, perusahaan, dan aliansi industri.
Pada tahun 2014, Xi memerintahkan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) dan Kelompok Urusan Keuangan dan Ekonomi pemerintah pusat untuk menyusun strategi pembangunan ekonomi berbasis inovasi yang terperinci. Dokumen yang muncul dari upaya ini menekankan peran sentral perusahaan dan persaingan pasar dalam mendorong inovasi dan menyerukan penghapusan hambatan struktural, seperti monopoli, yang mencegah masuknya perusahaan baru ke dalam suatu sektor.
Sebuah rencana formal, Garis Besar Strategi Pembangunan Berbasis Inovasi Nasional (Strategi Inovasi Nasional), dirilis bersama pada tahun 2016 oleh Partai Komunis. Rencana tersebut terkenal karena tujuannya agar China menjadi negara yang inovatif pada tahun 2020, pemimpin internasional dalam inovasi pada tahun 2030, dan pusat inovasi ilmiah dan teknologi dunia pada tahun 2050.17
Isu-isu ini juga menjadi fokus utama dalam Rencana Lima Tahun ke-13 China yang sedang disusun selama periode ini. Rencana tersebut menyatakan bahwa inovasi adalah pendorong utama pembangunan ekonomi dan bahwa China harus berusaha membuat terobosan di bidang strategis dan perbatasan.
Ini mengidentifikasi informasi dan komunikasi generasi berikutnya, energi baru, bahan baru, aeronautika dan astronotika, biomedis, dan manufaktur cerdas sebagai teknologi inti yang harus ditargetkan dengan dukungan pemerintah. Sejalan dengan tema Strategi Inovasi Nasional, rencana tersebut menekankan bahwa perusahaan adalah mesin utama inovasi dan menyerukan penciptaan pasar kompetitif yang memperkuat inovasi.
Rencana tindak lanjut Kementerian Iptek, Rencana Iptek ke-13, mencakup sejumlah target untuk tahun 2020 untuk belanja penelitian dan produksi paten, yang akan dilaksanakan oleh berbagai industri pemerintah.
Kampanye teknologi Era Xi Jinping dibangun di atas upaya sebelumnya, terutama yang dilakukan MLP 2006. Namun, dibandingkan dengan masa lalu, kampanye saat ini lebih menekankan pada peran utama yang dimainkan oleh perusahaan (swasta dan milik negara), mobilisasi saluran pendanaan baru, dan keharusan strategis untuk mengurangi ketergantungan pada teknologi inti yang dikendalikan oleh pemasok asing. .
Laman seafarerfunds menginformasikan, ada tiga kerangka kerja kebijakan utama yang mendukung kampanye teknologi Xi: Made in China 2025, Rencana Aksi Internet Plus, dan Rencana Pengembangan Kecerdasan Buatan Generasi Berikutnya. Meskipun masing-masing kerangka kebijakan ini memiliki fokus yang berbeda, namun saling tumpang tindih dan saling menguatkan.
Dibuat di China 2025: Pada tahun 2013, Akademi Teknik China dan Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi mengumpulkan sekelompok lebih dari 150 sarjana dan pakar teknis. Mereka diminta membuat laporan yang membahas bagaimana China bisa menjadi negara adidaya manufaktur.22.
Laporan tersebut akhirnya digabungkan menjadi rencana Made in China 2025 yang diadopsi oleh Dewan Negara pada tahun 2015. Rencana tersebut menyatakan bahwa kemakmuran nasional China bergantung pada pencapaian industri manufaktur yang kuat dan bahwa meskipun basis manufaktur negara tersebut besar, namun memiliki kesenjangan yang signifikan dalam hal efisiensi, kualitas , dan tingkat teknologi.
Mengambil catatan dari kerangka kebijakan industri di negara lain, seperti Industri 4.0 Jerman, rencana Made in China 2025 mengidentifikasi peran teknologi canggih dan konektivitas internet dalam membentuk lanskap kompetitif sektor manufaktur. Rencana tersebut meminta produsen untuk menjadi lebih efisien melalui peningkatan industri dan integrasi teknologi ke dalam operasi manufaktur dalam negeri.
Terobosan akan dicari dalam teknologi utama, memungkinkan perusahaan China untuk secara dramatis mengurangi ketergantungan mereka pada pemasok asing dan kerentanan terhadap gangguan luar negeri. Rencana tersebut menetapkan target untuk mengurangi ketergantungan pada pemasok asing untuk suku cadang penting dan bahan utama menjadi kurang dari 30% pada tahun 2025.
Made in China 2025 menetapkan garis waktu berikut:
- Pada 2020, konsolidasikan status China sebagai kekuatan manufaktur yang hebat dan capai integrasi sektor manufaktur negara itu dengan teknologi informasi.
- Pada 2025, tingkatkan kualitas dan inovasi secara keseluruhan di seluruh sektor manufaktur dan ciptakan perusahaan multinasional dan klaster industri baru yang kompetitif secara internasional.
- Pada tahun 2035, sektor manufaktur China akan memasuki jajaran kekuatan manufaktur dunia, setelah mencapai terobosan di industri utama dan kepemimpinan inovasi kepemimpinan global di beberapa sektor. ***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"