KONTEKS.CO.ID – Tokopedia membantu sekitar 12 juta penjual, di mana hampir 100%-nya adalah UMKM lokal. Mereka dibantu memulai dan mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi.
“Kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan era,” kata Head of Product (Campaign) Tokopedia, Helena, di Jakarta, Selasa, 27 September 2022.
Helena pun membagikan lima tips agar UMKM bisa mengasah kemampuan analisis pasar guna mengoptimalisasi potensi bisnisnya.
Berikut lima (5) UMKM untuk menganalisis pasar:
- Pantau Produk yang Sedang Trending di Pasar
Pengusaha UMKM bisa memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar. Termasuk produk terlaris dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.
“Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya,” saran Helena.
- Pelajari Rekomendasi Harga Produk di Pasar
Lakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar
di pasar sehingga harga yang ditawarkan berada dalam
batas normal dan dapat bersaing.
“Manfaatkan fitur Rekomendasi Harga di aplikasiTokopedia Seller agar bisa memasarkan produk dengan harga kompetitif dan menarik lebih banyak pembeli,” jelasnya.
- Pantau Performa Produk
Pegiat usaha dapat menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk untuk membantu memantau produk mana yang butuh lebih banyak diiklankan, dilengkapi informasinya dan optimalisasi lain.
Sehingga sebuah produk dapat bersaing secara organik pada halaman pencarian di Tokopedia dan performa bisnis menjadi lebih maksimal.
- Lakukan Testing Penjualan
Melakukan uji coba penjualan produk dapat membantu penjual melihat produk apa yang berpotensi laris.
“Misalnya, penjual bisa memberikan sampel atau produk tester yang akan diluncurkan kepada sejumlah pembeli untuk melihat antusiasme mereka,” katanya.
- Kumpulkan Aspirasi Pembeli
Gunakan fitur Pengingat Ulasan di aplikasi untuk mengajak pembeli menulis ulasan setelah transaksi selesai secara otomatis.
“Tanggapi dan pelajari setiap masukan dengan positif karena ulasan pembeli adalah dasar untuk berinovasi agar bisa terus relevan dengan pasar,” jelas Helena.
Para pegiat UMKM bisa mendapatkan berbagai materi edukasi yang dapat diakses sepenuhnya secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller dan pelatihan daring yang disediakan oleh tim Merchant Education Tokopedia.
Selamat mencoba! ***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"