KONTEKS.CO.ID – Perdagangan internasional merupakan aktivitas pembelian dan penjualan baik dalam bentuk barang maupun jasa oleh perusahaan yang berbeda negara.
Barang konsumsi, bahan mentah, makanan, dan mesin semuanya kini sudah dapat dibeli dan dijual di pasar internasional merupakan beberapa contoh dari aktivitas perdagangan internasional.
Di Indonesia sendiri kita dapat menemukan produk-produk dari negara lain hasil dari perdagangan internasional seperti barang elektronik, kosmetik, hingga makanan.
Faktor-faktor tertentu mendorong terjadinya perdagangan luar negeri yang dilakukan secara global demi membangkitkan ekonomi global.
Berikut ini 9 faktor pendorong perdagangan internasional:
1. Perbedaan sumber daya alam
2. Penghematan biaya produksi
3. Pemenuhan kebutuhan nasional
4. Perbedaan penguasaan teknologi
5. Peningkatan pemasukan negara
6. Kondisi iklim yang berbeda-beda
7. Keinginan memperluas pasar
8. Adanya kelebihan produk
9. Kerja sama antaranegara.
***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"