KONTEKS.CO.ID – Siapa yang tak kenal BLACKPINK? Girl Grup dengan empat personil, yakni Lisa, Jisoo, Rose, dan Jennie ini telah mendunia. BLACKPINK pun sering menerima endorse atau iklan dan menjadi brand ambassador dari beberapa produk dan merek.
Menurut survei pada 28 September 2022 yang dilakukan Launch Metrics, dampak kehadiran Jennie BLACKPINK di acara ‘Channel Show’ pada Maret tahun ini adalah 4,3 miliar KRW (sekitar 3,6 juta USD saat itu!).
Di bulan yang sama, siaran langsung ‘Dior Paris Collection’ yang dihadiri oleh rekan segrupnya Jisoo BLACKPINK mencatatkan 140 juta penayangan.
Saat itu, nilai dampak media dari satu foto yang diposting di Instagram Jisoo diperkirakan mencapai 2 miliar KRW atau senilai Rp21 miliar.
Dampak global BLACKPINK juga terlihat dari jumlah subscriber Youtube mereka.
Channel Youtube BLACKPINK memiliki 81,8 juta subscriber, menjadikannya channel No. 1 dengan subscriber terbanyak di antara artis lain di seluruh dunia dan ke-11 di antara semua channel Youtube di dunia.
Menurut situs analisis data influencer ‘Nox Influencer’, setiap video di channel Youtube BLACKPINK menghasilkan pendapatan iklan lebih dari 2 miliar KRW.
Setelah comeback terbaru Born Pink, BLACKPINK telah memperoleh peningkatan lebih dari 2,4 juta subscriber di channel Youtube mereka dalam sebulan terakhir.
Dari video-video yang diunggah pada periode tersebut saja, diperkirakan girl group tersebut telah memperoleh keuntungan setidaknya 2,4 miliar KRW.
Estimasi Tarif Endorse
Bagi pengiklan, pengikut seorang idol yang sangat masif tentu sebuah keuntungan. Hal inilah yang dilihat dari Lisa BLACKPINK yang memiliki 81,5 juta pengikut.
Dengan popularitas tersebut, dia tercatat sebagai brand ambassador sederet brand besar, seperti Celine, Bvlgari, hingga MAC cosmetics.
Lisa bisa meraih USD80,9 juta atau setara Rp1,1 triliun dari endorsement setiap tahunnya.
Melansir dari laman kbizoom, Lisa memiliki 44,5 juta followers di Instagramnya, @lalalalisa_m, dan menjadi salah satu idol K-pop dengan pengikut terbanyak.
Estimasi tarif endorse Lisa di Instagram adalah 200.000 USD atau 2,83 miliar rupiah untuk sekali postingan.
Idol K-Pop dengan tarif endorse termahal selanjutnya diisi oleh member BLACKPINK lainnya, Jennie. Seperti Lisa, dia juga memiliki daya tarik kuat bagi para pengiklan.
Jennie BLACKPINK tercatat memiliki 69,4 juta follower di Instagram dan tercatat sebagai brand ambassador merek mewah Chanel, dengan honor USD28,5 juta atau setara Rp405 miliar.
Sementara akun @jennierubyjane mempunyai 37,5 juta followers. Diperkirakan tarif iklan di Instagramnya adalah 170.000 USD per postingan, jika dirupiahkan akan menjadi 2,4 miliar rupiah.
Rose, sang vokalis utama BLACKPINK, mampu menarik 34 juta pengikut di Instagramnya. Tarif endorse Rose diperkirakan 160.000 USD atau setara 22,66 miliar rupiah.
Jisoo, visual BLACKPINK, juga mampu menggaet banyak followers. Pemilik akun Instagram @sooyaaa_ ini diperkirakan dibayar 150.000 USD atau 21,24 miliar rupiah untuk satu postingan endorse iklan.
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"