KONTEKS.CO.ID – Keberhasilan musik Korea yang menembus pasar Internasional tidak hanya karena peran idol yang memiliki penampilan yang apik saja. Namun, terdapat peran serta agensi yang membentuk karakter sang idola.
Keterkaitan ini yang membuat para agensi dan idol membuat kesepakatan untuk membagi keuntungan yang mereka peroleh.
Pembagian Hasil Keuntungan antara Idol dan Agensi
1. SM Entertainment
Merupakan salah satu agensi yang paling terkenal. Pendirinya adalah Lee Soo Man pada tahun 1995.
SM Ent. telah sukses mendebutkan banyak Idol terkenal seperti TVXQ, EXO, SNSD, Super Junior, Shinee dan masih banyak lagi.
Durasi Kontrak: 7 tahun
Album Fisik: Agensi (95%), Artis (5%)
Album Fisik (repackaged: Agensi (90%), Artis (10%)
Acara: Agensi (60%), Artis (40%)
Konser Luar Negeri: Agensi (30%), Artis (70%)
Dari pembagian tersebut, SM Ent. banyak penggemar yang mengecam pembagian tersebut. Menurut mereka pembagian tersebut tidak adil bahkan mereka menganngap SM Ent adalah perampok.
2. JYP Entertainment
Didirikan oleh JY Park pada tahun 1997, agensi ini mulai disorot ketika mendebutkan Girl Group Wonder Girl. Idol yang debut di bawah naungan JYP yaitu Miss A, 2pm, Wonder Girl, Itzy, Twice, Stray Kids dan lain sebagainya.
Durasi Kontrak: 7 tahun
Album Fisik: Agensi (50%), Artis (50%)
Album Fisik (repackaged): Agensi (30%), Artis (70%)
Acara lain: Agensi (60%), Artis (40%)
Konser Luar Negeri: Agensi (50%), Artis (50%)
3. YG Entertainment
Pada tahun 1996 Yang Hyun Suk mendirikan agensi YG Entertainment. YG berfokus pada musik rap dan hip hop. Agensi ini terkenal karena membebaskan para idol untuk berkreasi sesuai dengan karakter musik mereka.
Idol yang debut bersama YG Entertainment adalah Big Bang, 2ne1, Winner, BlackPink, Akmu, Treasure, dan Ikon
Durasi Kontrak: 7 tahun
Album Fisik: Agensi (50%), Artis (50%)
Album Fisik (repackaged): Agensi (30%), Artis (70%)
Acara: Agensi (40%), Artis (60%)
Konser Luar Negeri: Agensi (50%), Artis (50%)
4. HYBE
Berhasil mendebutkan BTS yang akhirnya mendapatkan poplaritas yang luar biasa dan banyak penghargaan, HYBE mengakuisisi beberapa agensi musik lain untuk bergabung menjadi HYBE Corporation.
Selain BTS, HYBE mendebutkan beberapa idol lain seperti TXT, NewJeans dan Le Serafim
Durasi Kontrak: 7 tahun
Album Fisik: Agensi (50%), Artis (50%)
Album Fisik (repackaged): Agensi (30%), Artis (70%)
Acara: Agensi (50%), Artis (50%)
Konser Luar Negeri: Agensi (30%), Artis (70%)
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"