KONTEKS.CO.ID – Endorse menjadi sebuah bentuk kerja sama yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan atau brand dalam mempromosikan produknya
. Dalam bahasa Inggris, endorse berarti menyokong atau memberikan dukungan. Endorsement biasanya terjadi dalam bentuk kerja sama antara suatu merek atau toko dengan artis atau tokoh berpengaruh sebagai ajang promosi.
Dalam era digital, endorsement dapat kita lakukan melalui media sosial seperti Instagram. Caranya dengan meminta dukungan kepada selebriti atau influencer yang memiliki banyak pengikut.
Mereka akan memperkenalkan produk tersebut kepada khalayak atau publik melalui postingan foto atau video serta memberikan ulasan terkait produk.
Manfaat dari penggunaan endorse bagi bisnis sangatlah beragam. Pertama, endorse dapat menciptakan brand awareness atau kesadaran merek di masyarakat.
Semakin baik keterlibatan endorsement artis dalam sebuah brand, maka semakin tinggi daya tarik dan tingkat kesadaran masyarakat terhadap brand tersebut.
Kedua, endorse dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Promosi yang kreatif akan menarik follower endorser untuk mencari tahu lebih jauh tentang brand yang kita promosikan.
Tentu besar kemungkinan mereka akan langsung memesan produk tersebut agar bisa memiliki pengalaman serupa dengan idolanya.
Ketiga, endorse juga merupakan promosi yang efektif karena dapat memilih public figure atau influencer yang memiliki pengaruh besar terhadap target audiens brand.
Misalkan untuk bisnis dekorasi, carilah influencer yang sedang merencanakan pernikahan agar kita bisa memanfaatkan momen untuk menawarkan layanan endorse.
Keempat, endorse dapat meningkatkan kredibilitas produk atau jasa brand. Jika suatu brand sukses melakukan kolaborasi dengan orang yang berpengaruh, kredibilitas produk atau brand akan semakin terkenal dan terpercaya.
Selain itu, ada kemungkinan brand tersebut menjadi topik hangat di kalangan masyarakat, yang akan memberikan kontribusi kesadaran yang menjanjikan untuk sang brand.
Dalam dunia bisnis, endorse merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif dalam memperkenalkan produk dan jasa kepada masyarakat.
Dengan memilih influencer atau selebriti yang tepat, endorsement dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi bisnis dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap merek atau brand tersebut.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"