KONTEKS.CO.ID – Apa perbedaan workshop, seminar dan training? Kita sering sekali mendengar tiga istilah tersebut. Ternyata ketiga istilah tersebut memiliki beberapa perbedaan. Kira-kira apa perbedaannya?
Namun, sebelum mengetahui perbedaan dari workshop, seminar dan training, mari kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari masing-masingnya.
Arti Workshop
Menurut Oxford Dictionary, workshop merupakan pertemuan antara sekelompok orang yang terlibat dalam sebuah diskusi yang intensif untuk membahas sebuah proyek atau subjek tertentu.
Jadi, workshop ini merupakan bentuk kegiatan yang di dalamnya melibatkan beberapa profesional pada suatu bidang tertentu untuk bertemu dengan kelompok orang dari profesi dan latar belakang yang sama untuk terlibat dalam kegiatan interaktif membahas suatu topik atau permasalahan tertentu.
Arti Seminar
Seminar adalah suatu pertemuan secara berkala oleh seseorang yang sedang melaksanakan tugasnya.
Kata ini ini berasal dari bahasa Latin semin yang artinya adalah benih atau dari kata seminarium yang artinya tanah sebagai tempat menanam benih.
Arti lainnya adalah sebuah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah dengan pimpinan ahli, seperti pakarnya, guru besar dan masih banyak yang lainnya.
Tujuan dari seminar ini adalah untuk menemukan jalan dalam pemecahan suatu masalah. Materi yang tersajikan dalam sebuah seminar ini akan dibahas dari berbagai aspek hingga sudut pandang.
Seminar hanya terfokus pada topik tertentu yang sangat khusus dan peserta yang mengikuti (hadir) bisa ikut berpartisipasi secara aktif.
Pengertian Training
Training merupakan kegiatan pendidikan dalam waktu yang sebentar dan secara teoritis, terorganisir dan sistematis.
Kegiatan training memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusia dengan melakukan suatu aktivitas identifikasi, kajian hingga proses belajar yang lebih terencana.
Training ini adalah pelatihan. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pelatihan adalah sebuah proses, cara, kegiatan atau pekerjaan melatih.
Fungsi dari adanya sebuah training ini adalah untuk memperbaiki masalah atas kinerja sebuah organisasi. Misalnya, efektivitas, efisiensi dan juga produktivitas dari sebuah organisasi atau instansi.
Perbedaan Workshop, Seminar dan Training
Berikut ini beberapa perbedaan dari workshop, seminar dan training, yaitu:
- Tujuan Acara
- Workshop: untuk mencari jalan keluar dari sebuah masalah yang dijadikan dalam topik pembahasan. Para peserta akan diminta mencari solusi terbaik dengan konsep yang sesuai dalam workshop tersebut.
- Seminar: untuk menjelaskan suatu materi terkait informasi atau perkenalan suatu program kepada peserta secara umum, dengan tujuan bisa mengajak peserta.
- Training: untuk melatih peserta menjadi lebih profesional dengan pelatihan secara intensif dan dalam waktu tertentu sampai tercapai tujuannya.
- Peserta Acara
- Workshop: seseorang yang sudah secara menguasai materi atau yang sedang mempelajari materinya lebih dalam lagi. Peserta juga bisa berasal dari orang awam.
- Seminar: peserta seminar merupakan orang awam atau orang umum.
- Training: peserta yang mengikuti adalah orang yang menginginkan atau sudah menguasai keahlian maupun skill tertentu untuk menjadi lebih profesional lagi.
- Durasi Acara
- Workshop: satu hingga tiga hari dengan durasi lima hingga sembilan jam dalam sehari.
- Seminar: durasinya singkat, hanya satu hingga 3 jam.
- Training: bisa berdurasi lama sesuai dengan kompetensi atau materi, biasanya lebih dari satu hari hingga satu minggu.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"