KONTEKS.CO.ID – Menyusun tujuan pembelajaran yang benar, terstruktur dan lengkap sangat penting sebagai petunjuk bagi guru untuk memilih materi ajar, strategi, model, metode dan media pembelajaran yang digunakan saat KBM berlangsung.
Terdapat 4 unsur pokok yang ada pada perumusan tujuan pembelajaran, 4 unsur ini disingkat menjadi ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree).
1. Audience
Secara bahasa, audience memiliki arti pendengar, namun audience disini merupakan subjek sekaligus objek dalam kegiatan pembelajaran. Dalam konteks kegiatan belajar mengajar, audience yang dimaksud yaitu siswa. Dalam perumusan tujuan pembelajaran, audience sangat penting diperhatikan dimana siswa menjadi pusat (subjek sekaligus objek) dalam kegiatan pembelajaran.
Karena tujuan pembelajaran sendiri dicapai oleh siswa itu sendiri, sehingga siswa sebagai audiens yang harus diperhatikan.
2. Behavior
Behavior artinya tingkah laku atau aktivitas dalam suatu proses. Dalam konteks kegiatan belajar mengajar, behavior merujuk pada tingkah laku atau aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pasalnya dalam proses pembelajaran pasti terdapat tingkah laku atau aktivitas yang dilakukan siswa, hal tersebut berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang dicapai.
Dalam perumusan tujuan pembelajaran behavior atau aktivitas siswa ditulis menggunakan kata kerja operasional (KKO), misalnya memahami, menuliskan, membaca, menelaaah, menerapkan, dan lainnya.
Dalam satu tujuan pembelajaran hanya boleh menggunakan 1 kata kerja operasional dan tidak boleh lebih. Artinya, dalam kegiatan pembelajaran tersebut siswa hanya melakukan satu perbuatan saja agar siswa lebih fokus pada perbuatan tersebut dan pembelajaran menjadi efektif dan optimal.
3. Condition
Condition memiliki arti keadaan. Dalam kegiatan belajar mengajar, condition merupakan keadaan siswa di kelas, baik sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran. Conditionadalah salah satu hal yang penting diperhatikan dengan harapan tujuan pembelajaran tercapai.
Perumusan condition yaitu dengan menjawab pertanyaan seperti “aktivitas apa yang akan dilakukan siswa agar hasil yang diharapkan bisa diperoleh?” Dalam tujuan pembelajaran, conditionditulis dalam bentuk kata kerja.
4. Degree
Degree memiliki arti suatu perbandingan. Dalam konteks kegiatan belajar mengajar, degree berarti membandingkan kondisi siswa antara sebelum kegiatan dan setelah kegiatan pembelajaran. Tingkatan degree berbeda-beda sesuai dengan materi pelajaran yang dibawakan oleh guru, sejauh mana siswa dapat memahami dan menguasai materi yang disampaikan, wawasan baru yang didapatkan siswa, atau perubahan tingkah laku dalam diri siswa.
Jika hasilnya terjadi perubahan baik antara sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran berlangsung, bisa dikatakan tujuan pembelajaran berhasil dicapai siswa. Namun jika tidak ada perubahan tersebut, maka tujuan pembelajaran belum tercapai.mbelajaran. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"