KONTEKS.CO.ID – Pemasaran suatu produk dan jasa diperlukan dalam bisnis agar dikenal oleh masyarakat luas. Suatu bisnis dapat menyampaikan pesannya melalui strategi pemasaran yang dirancang dengan baik.
Adapun langkah-langkah strategi pemasaran yang sukses antara lain:
1. Memahami Kondisi dan Kebutuhan Pasar
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memahami kondisi dan kebutuhan pasar baik dari segi produk serta konsumen.
Dari segi produk atau jasa yang akan dijual, harus memperhatikan harga, tren, serta kompetitor bisnis. Sementara dari segi konsumen harus mencari tahu apa yang dicari oleh konsumen ketika menggunakan jasa atau produk terkait.
2. Merencanakan Strategi
Strategi merupakan dasar dari pemasaran yang baik. Hal ini karena berkaitan tentang alasan mengapa memerlukan langkah tertentu, sumber daya yang dibutuhkan, serta tujuan untuk dicapai melalui strategi ini.
3. Buat Buyer Persona
Buyer persona merupakan sebuah cara bagi untuk menemukan pelanggan ideal. Persona dari pembeli ini memiliki informasi demografis dan psikografis yang penting.
Seperti usia, jabatan, pendapatan, lokasi, minat, dan tantangan. Hal ini berguna dalam menentukan apakah calon pelanggan memiliki semua atribut tersebut. Dengan demikian bisa mengenali apakah mereka merupakan pelanggan ideal yang diinginkan.
4. Menentukan Goals
Kehadiran goals atau tujuan akhir dapat membantu bisnis dalam merencanakan pemasaran. Hal ini menjadi pemandu bagi bisnis agar bisa melakukan langkah yang tepat untuk mencapainya.
Tujuan akhir harus spesifik serta jelas, bisa diukur menggunakan variabelnya, bisa dicapai, realistis, dan memiliki tenggat waktu.
5. Memilih Tools
Kehadiran tools dapat mempermudah dalam mengeksekusi, menganalisis, mengukur, dan mengevaluasi beragam tindakan pemasaran yang sudah direncanakan. Penggunaan beragam alat/tools agar bisa mewujudkan rencana pemasaran yang sudah dirumuskan.
6. Memperhatikan Sumber Daya
Menghitung budget yang diperlukan dan sumber daya seperti apa saja yang dibutuhkan. Perhatikan juga apakah saat ini ada beberapa aset yang dimiliki yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan pemasaran.
7. Menganalisis Kompetitor
Belajar dari pesaing adalah cara terbaik untuk menemukan strategi pemasaran yang bagus. Adaptasi apa yang membuat rencana kompetitor berhasil.
Kemudian pelajari apa yang membuat kegiatan pemasaran tersebut tidak maksimal. Sempurnakan dengan analisis dan perencanaanmu sehingga menghasilkan strategi pemasaran terbaik dengan menggunakan SWOT untuk mempermudah prosesnya.
8. Menjalankan Strategi
Menjalankan rencana dan lihat bagaimana dampak yang dihasilkan. Apabila sudah lakukan evaluasi dari tindakan pemasaran yang sudah dilakukan.
Amati apakah rencana tersebut mampu mendatangkan hasil yang diinginkan. Temukan titik di mana hal tersebut bisa ditingkatkan selanjutnya untuk merealisasikan goals dengan lebih baik lagi.
9. Menerapkan Strategi Bauran Pemasaran
Tujuan utama dari strategi pemasaran ini yaitu untuk memasarkan produk dengan harga yang tepat di tempat yang tepat melalui metode promosi yang tepat juga. Penggunaan seluruh data yang dipunya dalam melakukan strategi pemasaran sebelumnya, tentunya dapat merancang strategi bauran pemasaran dengan baik.
10. Menjalin dan Menjaga Hubungan dengan Pelanggan
Dalam melakukan pemasaran, menjaga hubungan dengan pelanggan lama akan lebih mudah dibanding mencari pelanggan baru. Hal ini karena mencari pelanggan baru tidak jarang akan memakan biaya yang besar.***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"