KONTEKS.CO.ID – Semenjak pandemi Covid-19, dunia kerja telah mengalami perubahan besar dengan populernya pekerjaan jarak jauh atau remote working.
Dahulu dianggap sulit untuk diakses, kini remote working semakin populer berkat kemajuan teknologi dan globalisasi. Bekerja dari jarak jauh telah menjadi kebiasaan baru, memberikan seseorang untuk mengakses pekerjaan dari seluruh penjuru dunia.
Salah satu daya tarik utama dari remote working adalah fleksibilitasnya. Anda dapat menyelesaikan jam kerja sesuai dengan keinginan dan gaya hidup Anda, sehingga menjadi opsi yang ideal bagi mereka yang memiliki tanggungan keluarga atau kewajiban lain yang memerlukan perhatian penuh.
Berikut jenis remote working yang paling populer:
1. Software Developer
Salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk dilakukan secara online, itu adalah Software Developer. Sofware developer hanya membutuhkan koneksi internet dan perangkat komputer yang memadai untuk bekerja.
2. Translator
Dengan internet yang menghubungkan kita semua, permintaan untuk penerjemah semakin meningkat. Seorang penerjemah dapat bekerja dalam berbagai proyek yang berbeda, seperti menerjemahkan dokumen, atau melakukan proofreading. Pekerjaan ini memerlukan kemampuan bahasa asing yang sangat baik. Jika Anda menguasai beberapa bahasa, peluang mendapatkan pekerjaan dibidang ini akan semakin luas
3. Desainer
Desainer memiliki keterampilan yang dicari banyak perusahaan, seperti desain grafis atau desain UX dan UI. Seperti halnya para software developer, selain skill yang mumpuni Anda hanya mebutuhkan koneksi internet yang bagus dan perangkat komputer yang memadai.
4. Customer Service
Jika Anda memiliki kemampuan berkomunkasi dan memecahkan masalah dengan baik, tidak ada salahnya mencoba berkarir sebagi Customer Service. Tugas customer service di sini adalah menjawab pertanyaan customer, memcahkan masalh custoer, membalas email dan membantu customer untuk mengatasi kesulitan mereka. Untuk peluang yang lebih besar pastikan Anda menguasai bahasa asing.
5. Virtual Assistant
Virtual assitant adalah salah satu pekerjaan yang membantu melakukan tugas-tugas sederhana tetapi memakan waktu. Tugas-tugas seorang virtual assistant mencakup administrasi umum seperti mengelola email, menjadwalkan pertemuan, mengatur kalender, menyusun laporan, dan mengelola basis data. Selain itu, mereka juga bisa membantu dalam pemasaran digital, manajemen media sosial, merespons pertanyaan pelanggan, memenuhi pesanan online, dan tugas-tugas lainnya.
6. Data Entry
Tugas data entry biasanya meliputi mengetik, menginput angka, atau memasukkan informasi yang relevan ke dalam aplikasi. Jenis datanya bisa beragam, seperti data pelanggan, pesanan, faktur, daftar karyawan, atau informasi lainnya untuk keperluan bisnis atau administratif. Para spesialis data entry bertanggung jawab untuk memastikan bahwa data telah akurat, lengkap, dan terorganisir dengan baik. Selain itu tugas seorang data entry adalah mengedit dan memperbarui data yang ada, memverifikasi keakuratan informasi, dan membuat laporan berdasarkan.
Itulah beberapa jenis pekerjaan populer yang bisa kamu lakukan secara remote. Jika Anda ingin menjelajahi dunia pekerjaan tanpa batas, mencoba remote working adalah pilihan yang tepat.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"