KONTEKS.CO.ID – Mempertimbangkan tawaran kerja baru adalah hal yang penting, karena perlu menimbang plus dan minusnya.
Namun ada juga sebagian pekerja, yang perlu mempertimbangkan tawaran kerja baru ketika ia sudah bekerja di tempat lain.
Melansir dari LinkedIn, berikut ini tips yang dapat Anda terapkan ketika sedang berada di situasi yang sama dan perlu mempertimbangkan tawaran kerja baru.
Mempertimbangkan Tawaran Kerja Baru
Masa depan adalah sesuatu yang sulit diprediksi. Namjun, kadangkala muncul situasi ketika sudah bekerja namun mendapatkan tawaran kerja di tempat lain, pasti akan membuat Anda goyah.
Padahal Anda telah berkomitmen di tempat kerja yang sekarang, dan telah membangun lingkungan yang nyaman di kantor.
Namun tak ada salahnya, jika Anda perlu menimbang-nimbang tawaran yang baru masuk tersebut.
Cara Mempertimbangkan Tawaran Kerja Baru
1. Tinjau Passion dan Latar Belakang Skill Karier
Semisal Anda memiliki latar belakang skill di bidang A, dan kebetulan kantor sekarang bergerak di bidang B yang tidak sesuai dengan passion Anda.
Dan kebetulan juga, kantor A yang menawarkan pekerjaan baru yang bergerak di bidang A, sesuai dengan passion Anda.
Anda dapat mempertimbangkan kedua kantor, dan renungkan hasilnya.
2. Tinjau Posisi dan Jabatan
Cek juga posisi dan jabatan di kantor baru.
Apakah posisi dan jabatan di kantor baru lebih menguntungkan dan sesuai dengan passion Anda?
Persis seperti tips pertama, cek passion dan basic skill Anda namun sesuaikan dengan posisi dan jabatan Anda di kedua kantor.
3. Tentukan Tujuan dari Bekerja
Apakah Anda bekerja untuk mencari pengalaman baru, atau untuk meningkatkan karier.
Kedua hal ini sangatlah berbeda, sehingga berhati-hati dalam memilih tujuan.
Biasanya tujuan untuk mencari pengalaman baru, dilakukan oleh fresh graduate atau pekerja yang ingin pindah haluan ke basic skill yang lain.
Dan untuk tujuan meningkatkan karier, biasanya dilakukan oleh profesional yang telah bekerja bertahun-tahun di bidang yang sama (dan relate), dan sudah merasa nyaman di bidang tersebut.
4. Buat Tabel Pro dan Kontra
Selain membandingkan ketiga hal dasar di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan dari sisi gaji, load pekerjaan, tingkat pressure tiap kantor, lingkungan kerja, dan juga jarak ke kantor.
Anda dapat menanyakan sebagian informasi tersebut ke HR kantor baru, atau mencari informasi melalui teman yang bekerja di kantor baru tersebut.
Buatlah tabel Pro dan Kontra, serta bandingkan hasilnya.
5. Tanggapi secara Profesional
Jika Anda ingin menerima tawaran kerja di tempat baru, usahakan untuk tidak hanya memberikan surat pengunduran diri.
Namun bicaralah kepada HR maupun atasan Anda, secara baik-baik, jujur, dan profesional.
Agar kesan yang ditinggalkan di kantor lama mengenai Anda tidak buruk.***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"