KONTEKS.CO.ID – Di era digitalisasi seperti sekarang, hampir seluruh aspek kehidupan tidak luput dari peran teknologi. Semua dilakukan demi menunjang produktivitas kerja, seperti transaksi keuangan, belajar, cari hiburan, tak terkecuali dalam berbisnis.
Dengan Internet, Anda bisa membangun hingga mengembangkan ide bisnis dan strategi pemasaran baik itu bisnis offline atau online.
Untuk memulai bisnis digital dengan bermodal sedikit atau banyak, Anda harus mencari peluang bisnis terlebih dahulu melalui survei harga, lokasi, konsumen dan lainnya.
Tidak hanya itu, Anda masih harus mempersiapkan hal lain terutama jika memulainya dari nol dan tidak memiliki pengalaman berbisnis sama sekali.
Simak ulasan berikut ini sebagai langkah Anda untuk memulai bisnis di era digital.
Mendirikan dan Mengembangkan Platform Bisnis
Selain untuk mempermudah komunikasi, Internet kini telah menjadi tempat penjualan produk terbesar hingga platform presentasi bisnis. Dengan mudah Anda bisa memanfaatkan untuk membangun toko virtual.
Rumah Bisnis bisa Anda bangun melalui platform media sosial atau juga bisa melalui situs web. Bahkan bisa Anda lakukan dengan mudah, sederhana dan cepat.
Apabila bisnis Anda bergerak di bidang makanan atau pakaian, Anda bisa memulainya dengan media sosial tanpa harus membuat situs web.
Hebatnya, kini sudah ada e-commerce yang bisa menjadi alternatif pengganti situs web. Penggunaan media sosial dan situs web sangat penting untuk meningkatkan branding dan pengalaman pelanggan.
Membuat Konten Berkualitas untuk Informasi
Setelah membangun situs web dan media sosial, langkah selanjutnya tetap harus menyebarkan informasi untuk mempopulerkan nama bisnis Anda.
Ini merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran karena populer saja belum cukup. Anda harus bisa menggaet banyak konsumen dengan menyebarkan informasi tentang bisnis Anda.
Sering menyebarkan konten sekarang menjadi strategi paling jitu untuk sebagian besar bisnis. Tentu konten harus berkualitas agar konsumen tertarik dan percaya dengan bisnis Anda.
Anda bisa memadukan antar sosial media dengan e-commerce atau situs web dalam bentuk link agar bisa saling terhubung dan memudahkan konsumen untuk bertransaksi.
Strategi Pemasaran dengan Campaign Interaktif
Campaign interaktif biasanya melalui media sosial dengan cara memposting konten seperti biasa, tetapi menambahkan ajakan sekaligus action. Misalnya dalam bentuk kuis atau giveaway dengan menerapkan hashtag atau follow akun.
Bahkan sekarang media sosial sudah memberikan wadah dan lapak buat Anda agar bisa melakukan penjualan secara langsung atau live. Cara ini ternyata sangat ampuh apalagi jika Anda sudah memiliki banyak pengikut di akun media sosial itu.
Meski sederhana namun cara ini memiliki efek yang signifikan terutama menaikkan engagement, meningkatkan brand awareness, ajang promosi dari mulut ke mulut, dan tentu menghemat pengeluaran. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"