KONTEKS.CO.ID – Frontliner adalah orang yang bertanggung jawab untuk menangani pelanggan. Secara umum, posisi ini berperan sebagai wajah perusahaan, karena merupakan orang pertama yang bersentuhan langsung dengan pelanggan.
Oleh karena itu, jika ingin maju ke garis depan, frontliner harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
Walaupun peranan Frontliner sangat penting untuk kepentingan perusahaan, ternyata jenis pekerjaan ini belum banyak diketahui orang sehingga jarang ditemui.
Padahal, pekerjaan ini sangat dibutuhkan di bank. Di garis depan bank adalah orang-orang di bawah departemen layanan pelanggan, yang tugasnya menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan.
Karena perannya yang menentukan di beberapa perusahaan, lini depan bahkan menjadi duta citra perusahaan.
Prospek yang menarik untuk mencoba karir ini cukup menjanjikan, karena pekerjaan ini meningkat dan diperkirakan akan berlanjut hingga tahun 2026.
Ketika orang mendengar posisi garis depan, mereka langsung berarti bisnis di sektor perbankan, seperti perbankan dan layanan pelanggan. Namun ternyata posisi tersebut tidak hanya terdapat pada bank saja, tetapi juga pada perusahaan yang bergerak di bidang yang berhubungan langsung dengan customer service.
Ada beberapa fakta unik tentang Frontliner yang harus Anda ketahui:
-Kebaikan
Salah satu sikap yang dibutuhkan untuk menjadi anggota Frontline adalah sikap ramah terhadap setiap pelanggan. Lini depan juga harus hangat agar pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan perusahaan. Tentu hal ini baik bagi perusahaan karena pelanggan merasa puas.
-Penampilan menarik
Selain ramah, lini depan juga harus terlihat menarik. Ingat bahwa orang pertama adalah orang pertama yang bertemu dengan pelanggan secara langsung dan membantu memenuhi kebutuhannya.
Oleh karena itu, penampilan yang menarik menjadi salah satu syarat terpenting saat Anda melamar pekerjaan ini.
Namun selain berpenampilan menarik, Anda juga harus memiliki berat dan tinggi badan yang ideal serta rapi dan bersih. Ingatlah untuk selalu tersenyum agar terlihat percaya diri dan menarik.
-Sikap Empati
Sikap empati penting bagi orang-orang terdepan untuk memahami kebutuhan dan posisi konsumen. Sangat membantu konsumen jika frontline services memberikan layanan yang benar-benar dibutuhkan konsumen secara akurat dan cepat.
-Pengetahuan produk
Karena operator garis depan berhubungan langsung dengan konsumen, mereka harus mengetahui produk perusahaan. Frontliners harus memiliki informasi produk, termasuk syarat dan ketentuan yang berbeda untuk setiap produk.
Itulah tadi beberapa tugas dan skill dari frontliner bank. Semoga bermanfaat.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"