KONTEKS.CO.ID — Tips menjadi moderator yang efektif. Moderator merupakan seseorang yang berperan untuk membantu jalannya diskusi atau debat berjalan lancar.
Moderator bertanggung jawab untuk memimpin jalannya perbincangan atau debat yang sedang berlangsung.
Tak hanya itu, moderator juga menjadi salah satu unsur debat yang harus ada selain penulis. Menurut KBBI, moderator merupakan orang yang bertindak sebagai penengah pada acara pembicaraan dan pendiskusian
Dalam menjalankan tugasnya, seorang moderator harus bisa menjaga keseimbangan antara kebebasan berekspresi dan menghindari segala bentuk perilaku yang merugikan orang lain.
Dilansir dari beberapa sumber, ada tugas penting yang dipegang oleh moderator selama jalannya acara, meliputi:
1. Mengawasi jalannya forum.
2. Mengarahkan pembicaraan agar sesuai topik yang akan dibahas.
3. Membuat ide baru agar diskusi tetap hidup.
4. Menyampaikan peraturan sebelum acara.
5. Memberikan kode salah kepada anggota diskusi yang menyalahi aturan.
6. Memberikan pengantar singkat tentang topik yang akan dibahas pada forum.
Peran Moderator dalam Diskusi
Selain berperan menjadi pemimpin acara, moderator juga memiliki beberapa peran penting lainnya, seperti:
1. Bertugas memastikan agar acara berjalan dengan lancar.
2. Bertanggung jawab dengan kelengkapan perangkat yang ada di ruangannya serta mengkondisikan ruangan terlebih dahulu.
3. Mengumpulkan scoring sheet yang sudah diisi juri.
4. Memastikan penonton dan anggota debat dengan tertib.
5. Membuka acara dan menyampaikan tata tertib.
6. Memperkenalkan anggota pada acara.
7. Mempersilakan setiap pembicara untuk memulai bicaranya.
Berikut ini beberapa cara menjadi moderator yang baik dan efektif:
1. Pahami peran dan tanggung jawab Anda
Sebelum memulai tugas sebagai moderator, pastikan Anda memahami dengan jelas apa yang diharapkan dari Anda. Anda harus memahami tugas dan tanggung jawab Anda dengan baik. Ini akan membantu Anda untuk lebih siap dan mampu menjalankan tugas Anda dengan lebih baik.
2. Kenali aturan dan kebijakan forum
Anda harus memahami dan mengenal aturan serta kebijakan forum dengan baik. Ini akan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat ketika harus menangani masalah yang muncul di forum.
3. Jaga komunikasi yang efektif
Sebagai moderator, Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Anda harus bisa berbicara dengan jelas dan terbuka, serta bisa mendengarkan dengan baik. Jangan sampai anggota forum merasa terabaikan atau tidak dihargai. Selalu jaga komunikasi yang efektif dengan semua anggota forum.
4. Tetap netral dan objektif
Sebagai moderator, Anda harus bisa menjaga keseimbangan dan tetap netral dalam mengambil keputusan. Jangan memihak pada satu pihak atau membuat keputusan yang tidak adil.
Anda harus mampu mempertimbangkan kepentingan semua anggota forum, serta menjaga agar diskusi tetap fokus pada topik yang relevan.
Itulah tips sekaligus hal yang harus dilakukan oleh moderator, semoga informasi di atas dapat membantu.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"