KONTEKS.CO.ID – Tingkat okupansi penumpang mudik menggunakan kereta api di Stasiun Gambir dan Pasar Senen sudah mencapai 100 persen.
Keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen volume penumpang berangkat mengalami peningkatan, pada Rabu 19 April 2023
“Untuk hari ini sekitar 23.900 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi,” kata Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa.
Sementara untuk Stasiun Gambir, volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 18.000 dengan layanan 38 KA beroperasi.
“Secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen,” ujar Eva.
Eva mengungkapkan, berdasarkan data Rabu 19 April 2023 sekitar 580.000 tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual.
Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai 23 April 2023.
“Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18, 19, 20 dan 21 April 2023 dimana tingkat okupansi telah mencapai 100 persen,” jelasnya.
Para pemudik menggunakan jasa kereta api dengan kota tujuan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.
Masa angkutan Lebaran 2023 dimulai pada 12 April (H-10) hingga 3 Mei (H+10), secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.
“Jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 303 KA, yang tiketnya sudah dapat dipesan sejak Senin 13 Maret 2023 lalu. KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang,” kata Eva.
Eva menjelaskan, pemesanan tiket angkutan Lebaran sudah dapat dilakukan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI.
“Sementara loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api,” pungkasnya.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"