KONTEKS.CO.ID – Hyundai Ioniq 5 N akan diluncurkan dalam waktu dua bulan ke depan. Pabrikan sedang menggarap tahap akhir pengujian dari kendaraan.
Sejumlah jurnalis yang beruntung diundang ke tempat pengujian musim dingin untuk mencicipi hooligan mobil listrik yang akan datang. Sejauh ini, semua orang tampaknya terkesan dengan Hyundai Ioniq 5 N.
Apa yang membuat Hyundai Ioniq 5 N mengesankan? Mari kita mulai dengan kekuatannya. Unit berbagi powertrain dengan Kia EV6 GT -torsi 430 kW dan 740 Nm dari pengaturan motor listrik ganda.
Kia EV6 bukan mobil lambat karena berurusan dengan sprint 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik seperti supercar. Tetapi para insinyur Hyundai dengan senang hati menunjukkan bahwa Kia adalah mobil GT yang dirancang agar cepat dan nyaman.
Sedangkan Ioniq 5 N dimaksudkan untuk menjadi senjata lintasan listrik pertama. Perusahaan berharap pemilik membawanya ke trek -tak heran ada bekal rem cakram 400 mm di depan.
Mereka bermaksud memperlambat Ioniq 5 N seberat 2 ton saat meluncur di jalan didorong oleh sekitar 450 kW atau lebih dari 603 hp. Jumlahnya masih belum terkonfirmasi dan bisa jadi lebih tinggi lagi.
Apa gunanya semua kekuatan itu jika baterainya tidak bisa mengimbangi? Menyalahgunakan throttle berarti baterai menjadi lebih hangat pada tingkat yang mengkhawatirkan dan Hyundai memastikan itu bukan masalah di sini. Sebab paket baterai memiliki pendinginan ekstra yang menjaga sel pada suhu sempurna.
Para insinyur cukup samar ketika mengkonfirmasi kapasitas baterai dari Ioniq 5 N. Mereka hanya mengatakan ukuran fisik baterainya sama, sehingga ada indikasi kapasitas selnya telah meningkat.
Kia EV9 menggunakan paket baterai terbaru dengan kapasitas 99,8 kWh. Kalau ternyata Ioniq 5 N juga mendapatkan paket yang sama, ini tentunya akan menjadi berita besar.
Menurut Hyundai, berkat semua kemajuan terbaru, sesi flat-out 20 menit di Nurburgring tidak lagi menjadi masalah -itu adalah dua putaran penuh yang sejujurnya, jauh lebih banyak daripada kebutuhan pengemudi berpengalaman mana pun.
Perangkat lunak baru yang cerdas ini dapat menyesuaikan distribusi daya antara depan dan belakang – dari 10/90 hingga 90/10 dalam penurunan apa pun dan sesuai kebutuhan pengemudi.
Mode trek yang disebut N Durance cukup pintar. Ini meratakan puncak daya memberikan kinerja yang gigih dan sebagai hasilnya lebih banyak daya tahan baterai.
Lalu ada opsi perpindahan gigi disimulasikan yang disebut N Grin Shift yang meniru pergantian gigi dengan menginterupsi tenaga dan mensimulasikan rentang putaran – terdengar menarik perhatian tetapi bekerja dengan baik.
Terakhir, N Orchestra adalah simulator kebisingan mesin. Ada tiga suara buatan untuk dipilih – satu sangat futuristik, yang satu mati-matian berusaha berpura-pura ada piston yang sebenarnya di suatu tempat di bawah tenda, dan yang merupakan campuran suara dalam game dan organ elektronik.
Melibatkan mode drift mengubah mobil menjadi “penghabis” ban yang suka bersenang-senang.
Penantian publik hampir berakhir. Hyundai akan secara resmi mengungkap Ioniq 5N di Goodwood Festival of Speed yang dimulai pada 13 Juli.
Hyundai tidak akan menjadi satu-satunya mobil yang akan diluncurkan di acara tersebut, tetapi pasti akan menjadi salah satu yang paling penting.
Hyundai all-electric pertama dengan lencana N yang didambakan -akan memiliki tenaga, akan menyenangkan untuk dikendarai tetapi tidak akan dengan harga terjangkau seperti pendahulunya. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"