KONTEKS.CO.ID – Triumph 400 dikabarkan di artikel ini. Merek telah membocorkan foto mata-mata dari sepeda motor terkecilnya selama beberapa tahun.
Dan merek Inggris itu akhirnya meluncurkan sepeda baru yang dimaksud beberapa hari lalu ke pasar global.
Dikembangkan dalam kemitraan dengan raksasa India Bajaj, Triumph 400 yang merupakan platform baru ini awalnya akan hadir dalam dua model yakni roadster Speed 400 dan Scrambler 400 X. Manufaktur akan bersumber dari pabrik Triumph di Brasil dan Thailand, serta dari Bajaj India.
Dengan elemen gaya klasik seperti headlamp bundar, kepala silinder bersirip, tangki bahan bakar tetesan air mata, dan garis bersih yang tidak terkekang oleh kabel atau selang yang berantakan oleh mesin, motor baru ini pasti terlihat tampan dalam kedua penampilannya.
Laman Visor, Rabu 26 Juli 2023, dalam artikelnya melaporkan, motor seri TR terbaru adalah unit silinder tunggal berpendingin air dengan lubang dan langkah 89mm dan 64mm, menggusur 398.15cc.
Rasio kompresi relatif sederhana pada 12:1, menghasilkan output puncak 39,5hp pada 8.000rpm, dan 36,9Nm pada 6.500rpm. Transmisi enam kecepatan digerakkan oleh rantai dan dilengkapi kopling slip-and-assist.
Rangka menggunakan tulang belakang hybrid dan desain perimeter mengadospi baja tubular. Plus subframe belakang yang dipasang dengan baut.
Garpu depannya menggunakan piston besar 43mm USD yang tidak dapat disetel. Sementara bagian belakangnya monoshock gas dengan reservoir eksternal dan penyesuaian preload.
ByBre memasok kebutuhan rem. Cakram depan 300mm dengan kaliper empat piston dan belakang 230mm untuk Speed 400. Lalu Scrambler X mendapatkan cakram 320mm yang lebih besar.
Spesifikasi Duo Triumph 400
Speed 400 menggunakan velg cor dengan ban depan 110/70 dan ban 150/50 R17. Sedangkan Scrambler 400 X mendapatkan jatah velg 19 inci, depan 100/90-19 dan belakang 140/80-17.
Perangkat keras suspensinya sama, tetapi Scrambler X mendapatkan travel depan dan belakang 150mm. Sedangkan Speed 400 hanya mendapatkan travel 140mm untuk depan dan 130mm untuk belakang.
Kedua motor gede pemula itu menggunakan speedometer analog dengan layar multifungsi terintegrasi. Elektronik terbatas pada ride-by-wire, ABS dua saluran, dan kontrol traksi yang dapat dialihkan.
Speed terdaftar dengan tinggi kursi 790mm, sedangkan Scrambler sedikit lebih tinggi di ukuran 835mm.
Perubahan kecil pada rangka juga memberikan jarak sumbu roda dan sudut rake yang berbeda pada kedua motor.
Speed ​​memiliki jarak sumbu roda 1.377mm dengan rake 24,6°. Dan Scrambler sedikit lebih panjang pada 1.418mm dengan rake 23,2° yang lebih longgar.
Kedua motor memiliki tangki bahan bakar 13L yang sama, tetapi Speed berbobot 170 kg sedangkan Scrambler lebih berat 9 kg dengan bobot 179kg.
Bobot ekstra mungkin didapat karena roda dan ban yang lebih besar, knalpot laras ganda, spatbor yang lebih panjang, pelindung lampu depan, pelindung radiator, pelindung tangan, dan pelindung air.
Sama Menariknya
Model mana pun terlihat sangat menarik. Speed ​​menampilkan sadel one-piece dengan aksen perak di panel samping dan braket lampu depan agar sesuai dengan header dan fender depan, bersama dengan kaca spion bar-end ala cafe racer.
Garpu USD tidak dapat disesuaikan, tetapi tiang penyangga emas bertuliskan “money”. Scrambler menggunakan pad terpisah untuk pembonceng, dengan sentuhan scrambler asli seperti pelindung panas berventilasi pada knalpot, stang yang lebih tinggi, dan pelindung lampu depan untuk melindunginya dari benturan batu.
Secara estetika dan mekanis, motor baru ini terlihat bagus dan tampaknya akan menempatkan pemimpin pasar seperti KTM dan CFMoto di belakangnya.
Namun seperti biasa, harga akan menjadi faktor besar bagi konsumen untuk melakukan pembelian. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"