KONTEKS.CO.ID – Fitur hemat BBM pada mobil yang perlu Anda tahu terinformasikan di dalam artikel. Konsumsi bahan bakar menjadi PR tersendiri, terutama untuk mereka yang menempuh perjalanan jauh.
Pada bulan Mei nanti ada banyak periode libur panjang. Tentunya banyak dari pembaca Konteks yang memanfaatkannya dengan liburan ke luar kota.
Khusus mobil Mitsubishi Motors, berikut ini 3 (tiga) fitur standar yang membantu mobil lebih efisiensi BBM saat menempuh perjalanan jauh.
1. Fitur Hemat BBM Transmisi CVT
Jenis transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) terbangun untuk salah satunya mengoptimalkan efisiensi BBM.
Dalam konstruksi girboks transmisi CVT, terdapat komponen utama pulley set dan belt (sabuk baja) yang membentuk rasio gigi.
Konstruksi tersebut memungkinkan mesin bisa menjaga momentum putaran di berbagai rentang kecepatan, sehingga pemakaian BBM lebih irit.
Mobil penumpang Mitsubishi Motors yang memakai transmisi CVT adalah keluarga New Xpander, New Xpander Cross, serta XFORCE.
2. Eco Indikator
Fitur ini adalah indikator panduan berupa gambar daun yang menyala jika mobil sedang melaju dengan mengkonsumsi bahan bakar secara efisien atau tidak boros.
Pada umumnya, eco indikator akan menyala jika pedal gas ditekan secara lembut atau putaran mesin konstan dan tidak terlalu tinggi.
Eco indicator hadir sebagai pemandu gaya berkendara agar tetap hemat bahan bakar. Letak eco indikator sendiri terintegrasi pada panel spidometer agar lebih mudah dipantau pengemudi.
Semua mobil Mitsubishi Motors modern memiliki fitur ini.
3. Throttle by Wire
Fitur Throttle by Wire adalah yang jarang terekspos pada mobil Mitsubishi Motors, karena terdapat pada sistem pedal gas.
Fungsinya untuk menggantikan kabel gas sebagai sarana buka-tutup katup throttle body (komponen penyalur udara ke ruang bakar).
Jadi pada mobil dengan Throttle by Wire tidak ada lagi kabel gas yang terbentang dari pedal gas ke throttle body. Itu terganti sensor elektronik yang menggerakkan actuator di throttle body dan kinerjanya terhubung ECU.
Ketika pedal gas diinjak, ECU akan memasukkan data dari sensor yang terhubung dengan pedal gas termasuk informasi tinggi-rendahnya pijakan pedal gas oleh pengemudi.
Melalui kepintarannya ini, pergerakan kendaraan lebih efisien, bertenaga, serta tidak ada energi gerak terbuang sia-sia.
Saat berkendara konstan sebaiknya jaga putaran mesin rata-rata pada 2.000-2.500 rpm untuk membantu efisiensi maksimal. Fitur Throttle by Wire terdapat pada semua mobil penumpang Mitsubishi Motors. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"