KONTEKS.CO.ID – Motor Ducati versi listrik akhirnya terungkap detailnya. Pabrikan Italia itu merilis semua detail teknis menarik untuk sepeda motor listrik pertamanya yang bernama V21L.
Ducati V21L menjadi bintang seri balap MotoE yang termulai pada tahun 2023. Ducati menggantikan “tetangganya” dari Italia, Energica, sebagai pemasok tunggal untuk kompetisi tersebut. Mereka mengirimkan 18 sepeda bertenaga baterai yang identik untuk mengisi motor pacuan.
Dalam persiapannya, pabrikan yang berbasis di Bologna ini telah menyempurnakan prototipe V21L dengan cermat. Setelah menguji kendaraan roda dua ini di aspal di Misano, tim telah memberi gambaran singkat tentang pembuatannya dan mengungkapkan spesifikasi performa yang publik sangat nantikan.
V21L menampilkan bodywork serat karbon ramping yang terancang oleh orang-orang baik di studio Centro Stile Ducati. Dengan bobot 496 pon yang ramping, mesin berkecepatan ini dapat menghasilkan tenaga 110kw dan torsi 135Nm. Itu artinya 16Nm lebih banyak putaran daripada yang bisa dihasilkan Panigale V4.
Motor Ducati Listrik Segera Produksi Massal
Ducati V21L juga cepat. Menurut Ducati, pengendaraan tanpa emisi ini mencapai kecepatan tertinggi 275 km/jam. Sebagai perbandingan, Energica Evo Corsa yang sempat tergunakan di MotoE dapat mencapai kecepatan 257 km/jam pada kemiringan penuh.
Unit bertenaga baterai 800V 18 kWh yang dapat terisi ulang hingga 80% hanya dalam waktu 45 menit. Baterainya tertempatkan dalam wadah serat karbon dan berbobot 110 kg.
Seperti halnya Panigale, baterainya telah terintegrasi dengan mulus ke dalam sasis dan menghubungkan rangka depan aluminium monocoque ke lengan ayun dan subframe yang ringan.
Baterainya juga terlengkapi sistem pendingin inovatif dan inverter canggih turunan dari pembalap berperforma tinggi.
“Segera setelah saya duduk di atas motor, saya menyadari kualitas pekerjaan yang tim lakukan. Ketika saya kembali ke garasi, saya merasakan kebanggaan yang mendalam atas apa yang dapat kami capai lagi,” kata CEO Ducati, Claudio Domenicali dalam sebuah pernyataan.
Bagian terbaik? Domenicali sebelumnya menyampaikan bahwa Ducati pada akhirnya akan membangun mesin produksi untuk publik, meskipun kemungkinan besar hal tersebut baru akan terwujud setidaknya setelah tahun 2025.
Motor Ducati MotoE pertama kali turun ke trek di Sirkuit Dunia Misano Marco Simoncelli, tepat di mana kesepakatan dengan Dorna Sports terumumkan pada bulan Oktober.
Faktanya, mulai musim 2023, pabrikan sepeda motor Borgo Panigale menjadi satu-satunya pemasok sepeda motor untuk FIM Enel MotoE™ World Cup, kelas elektrik dari Kejuaraan Dunia MotoGP™.
Prototipe sepeda motor listrik dengan nama kode “V21L” ini merupakan hasil kerja sama tim Ducati Corse dan para insinyur R&D Ducati. Tim terpimpin oleh Roberto Canè, Direktur eMobility Ducati, dan dibawa ke trek oleh Michele Pirro.
Ia merupakan profesional pebalap dan pebalap penguji Ducati sejak 2013, yang mengevaluasi karakteristik teknis dan potensi sepeda motor listrik pertama Ducati. ***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"