KONTEKS.CO.ID – Sepeda motor selain sebagai moda transportasi, juga sebuah seni. Tak banyak yang menyandang dua fungsi ini, salah satunya Honda CB500X 2023.
Situs Hot Cars mengklaim Honda CB500X 2023 adalah ADV ramah pemula yang sangat seimbang.
Unit memiliki formula yang bisa membuat pengendara pemula dan berpengalaman happy dengan layanan motor petualang itu.
CB500X merupakan salah satu sepeda motor kelas menengah yang paling hemat bahan bakar dengan kapasitas hingga 70 MPG. Lalu ada silinder kembar yang mudah diatur yang tidak semuanya dipompa, tapi pasti akan membuat pengendaranya puas.
Produk memang berorientasi pada jalan raya, tapi ada kepercayaan diri yang besar pada ADV level pemula ini untuk bermain di medan “kotor”.
Honda memberi CB500X banyak pembaruan yang mengesankan untuk tahun 2022. Jadi, varian tahun ini dibawa tanpa banyak perubahan.
Perangkat keras ini fleksibel untuk digunakan di berbagai medan. Honda juga menawarkan banyak aksesori touring guna meningkatkan karakter CB500X yang serbabisa.
Kesederhanaan adalah kuncinya dan Honda telah memakukannya dengan ADV pemula yang ramping dan trengginas.
Menjadi sepeda motor ramah pemula tidak selalu tentang akselerasi linier atau kemampuan manuver yang mudah dengan bobot trotoar lebih rendah. Ada banyak area abu-abu yang harus dipenuhi untuk menjadi sepeda motor pemula yang serbabisa.
Nah CB500X berhasil mendekati sepeda pemula serba bisa di segmen ADV yang semakin populer. Faktor utama yang berkontribusi terhadap hal ini adalah desain ramping CB500X dan konstruksi sasis yang seimbang.
CB500X sekarang sudah berusia 10 tahun dan Honda yang dikenal suka menggunakan teknologi lama. Pabrikan Jepang itu selalu berusaha untuk meningkatkan teknologi yang ada daripada menghujaninya dengan fitur canggih terbaru.
CB500X 2023 berbobot 439 pound dengan bahan bakar tangki penuh 4,7 galon. Distribusi bobotnya linier dengan sedikit bias ke depan yang memungkinkan pengendara memegang kendali setiap saat.
Merek selalu berusaha menghadirkan ADV yang cenderung on-road bag pemula. Honda juga menerapkan metode yang sama untuk CB500X-nya.
Dan untuk membuat perjalanan panjang menjadi nyaman, CB500X mendapatkan pengaturan suspensi yang fleksibel dengan garpu depan Showa terbalik dan mono-shock belakang.
Bagian yang mengejutkan dari pengaturan suspensi depan adalah tidak dapat disetel. Secara umum, ini adalah hal yang buruk.
Tapi Honda telah menyetel pegas sedemikian rupa sehingga bisa melewati berbagai medan dengan tenang. Tambahkan itu ke cakram kembar Nissin yang lebih kecil di depan dan satu cakram di belakang; maka Honda ADV ini secara mengejutkan mampu melakukan sedikit aksi off-road.
Bahan terakhir yang membantu CB500X unggul baik di dalam maupun di luar jalan raya adalah bannya. Honda ini mendapatkan ban Dunlop Trailmax Mixtour yang melilit velg depan 19 inci dan belakang 17 inci. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"